Mendadak Viral, Polisi Sebut Akan Menilang Pengguna Klakson Telolet

Pengguna media sosial tengah digemparkan dengan demam telolet. Bahkan juga tidak sedikit musisi dan selebriti dunia ikut memposting ‘Om Telolet Om’ di account Twitter mereka. Tidak sedikit juga yang bertanya apa sesungguhnya ‘Om Telolet Om’ yang tengah viral di Indonesia.

Mendadak Viral, Polisi Sebut Akan Menilang Pengguna Klakson Telolet
Mendadak Viral, Polisi Sebut Akan Menilang Pengguna Klakson Telolet 

Tetapi, pihak kepolisian menyebutkan bakal menilang pengendara yang menempatkan klakson telolet pada kendaraan mereka. Argumennya, suara klakson modifikasi ini begitu keras dan tidak mematuhi ketentuan lalu lintas. 

Kepala Subdit Pembinaan serta Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budianto menyampaikan kalau pihaknya melarang pemakaian klakson modifikasi karena bisa membahayakan pengendara lain. 

“Nanti orang akan kaget dong. Kan bunyinya begitu keras hingga konsentrasi pengendara bakal hilang arah sehingga punya potensi mengakibatkan kecelakaan, ” katanya seperti ditulis viva. co. id. 

Budianto juga menyatakan, pihak kepolisian akan berikan hukuman pada pengemudi bila ketahuan membunyikan klakson telolet. Tetapi, hukuman akan diberikan sesuai sama kadar kesalah, termasuk juga penyuluhan dan tilang. 

Menurut dia, pemakaian klakson telolet ini sesungguhnya sama juga dengan memasang sirine pada kendaraan non-operasional polisi. Masyarakat tidak seharusnya memakainya karena tidak mematuhi Undang-undang. 

“Masyarakat umum tidak bisa menggunakan. Itu tidak mematuhi UU Nomer 22 Th. 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan jalan, ” jelas Budianto. 

Pihak kepolisian bakal mengimbau masyarakat supaya tidak lagi memakai klakson telolet untuk kendaraan mereka. Imbauan bakal diberikan dengan cara segera dilapangan ataupun lewat sosial media. 

Budianto menambahkan, imbauan ini mempunyai tujuan untuk menjaga kenyamanan berkendara sekaligus menghindari kecelakaan lalu lintas. 

“Kami imbau supaya masyarakat tidak memodifikasi, taati aturan lalu lintas dan gunakan atribut kendaraan yang sesuai, ” tegasnya. 

Walau tampaknya pemakaian klakson telolet akan segera dilarang, pasti tidak akan menurunkan semangat para pemburu telolet bukan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendadak Viral, Polisi Sebut Akan Menilang Pengguna Klakson Telolet"

Posting Komentar